Tips Cara Merawat Anis Merah Mabung

Advertisement
Advertisement
Mabung atau bulu rontok merupakan siklus alami yang dialami setiap burung itu sebabnya burung yang lagi mabung tidak akan berkicau seperti biasanya sehingga butuh perawatan ekstra hati hati agar jika sudah normal bulunya tidak akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya macet bunyi.

Nah jika kita salah dengan perawatan sewaktu mabung bisa mengakibatkan anis merah kesayangan kita itu akan macet bunyi untuk itu disini kami akan coba berikan Tips Perawatan Anis Merah Waktu Mabung yang baik.berikut hal hal yang harus dilakukan dalam merawat anis merah :


1.Lihat Dan Cek Kondisi Anis Merah 
Langkah awal dalam perawatan anis merah mabung adalah mengecek kondisi anis merah anda terlebih dahulu.yang pertamaanda cek adalah apakah anis merah anda terjangkit virus penyakit atau tidak, misalnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu baru ketika anis merah sedang mabung. Anda bisa meminta tolong kepada dokter hewan di sekitar lingkungan anda. Yang kedua adalah membasmi atau menyingkirkan parasit pengganggu seperti cacing,kutu,dan mikroba.

2.Pemberian Pakan Yang Baik
Yang utama saat merawat anis merah mabung adalah pemberian pakan. Pakan yang dimaksud di sini adalah pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan anis merah saat mabung. Pakan yang baik untuk anis merah yang sedang mabung adalah yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya bisa ditambah dari hari biasa karena kebutuhan nutrisinya juga bertambah.

3.Pemberian Extra Fooding
Selain pemberian makanan pokok diatas, anda juga sebaiknya memberikan multivitamin dan extra food yang tepat. EF yang cocok untuk anis merah yang sedang mabung adalah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 4 ekor di pagi hari dan 4 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda bisa memberikannya 1 sendok saja setiap pagi.  Multivitamin juga sangat penting dan bisa anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang tepat untuk anis merah yang sedang mabung/molting adalah pepaya, karena pepaya banyak mengandung vitamin C yang dapat memperkuat ketahanan tubuh anis merah dan melancarkan proses metabolismenya.

4.Cara Pemandian dan Penjemuran 
Untuk anis merah yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup 2 x  dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan anis merah yang mabung karena dapat menghambat pertumbuhan bulu baru. Utuk penjemurannya, durasi maksimal yang kami sarankan adalah 20 menit saja setiap hari. Bahkan jika memungkinkan, anda tidak perlu membersihkan kotorannya selama tidak berjamur. Tetapi jika berjamur segera bersihkan agar tidak mendatangkan penyakit.

5.Cara Penempatan Anis Mabung
Pada saat mabung anis merah sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian karena dapat mengganggu konsentrasi anis merah. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu (tikus,kucing, anjing). Untuk pengerodongan, anis merah yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada saat dijemur dan dimandikan.

6.Pemasteran Anis Mabung
Saat anis merah sedang mabung, anda bisa melakukan mastering/pemasteran setiap hari agar hasilnya maksimal. Karena pada saat masa mabung, anis merah lebih banyak diam dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melakukan mastering suara. Mastering bisa anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung spesialis mastering yang sesuai dengan jenis suara anis merah anda.

Demikian Tips cara Merawat Anis Merah Mabung/Moulting yang baik yang dapat kami berikan untuk anda para kicau mania.


Advertisement