Tips Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Advertisement
Advertisement
Setelah kita mengetahui cara merawat burung Cucak Ijo Biar Gacor, dan salah satu diantaranya adalah kita harus memilih cucak ijo jantan bukan yang betina. untuk itu disini kami coba akan beritahukan Ciri Ciri Cucak Ijo Jantan Dan Betina yang mungkin bagi sebagian kicau mania akan kebingungan apalgi kalau cucak ijo tersebut masih anakan atau bakalan dan masih trotolan.

Berikut Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina yang muah mudahan jadi petunjuk atau rujukan bagi anda yang memiliki burung cucak ijo yang tenar akan pintarnya menirukan berbagai macam suara burung kicauan yang lain :

Cucak Ijo Jantan dan Betina

Burung cucak ijo jantan dewasa memiliki ciri yang menonjol yaitu pada dagu dan tenggorokannya terdapat bulu berwarna hitam,
sedangkan pada burung cucak ijo betina dewasa hanya ada bulu berwarna hijau kekuning-kuningan pada dagu dan tenggorokannya.

Berbeda dengan cucak ijo trotolan yang berumur sekitar 2-4 bulan,bentuk fisik cucak ijo jantan dan betina hampir sama serta warna bulunya sama yakni hijau muda..
Nah untuk para pemula mungkin akan sangat susah untuk Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina yang Masih Trotolan/Bakalan/Anakan :

- Trotolan burung cucak ijo jantan yang masih dibawah usia 4 bulan,memiliki warna kuning pada alis yang melingkar di kedua di matanya, atau terlihat seperti sedang memakai kacamata kuning.
Sedangkan untuk cucak ijo betina trotolan,warna alisnya lebih terlihat berwarna putih.

- Warna paruh bagian bawah pada burung cucak ijo jantan trotolan,berwarna coklat tua yang cukup jelas,
sedangkan pada burung cucak ijo betina trotolan, paruh berwarna putih.

- Khusus untuk trotolan cucak ijo yang berumur 4-6 bulan, di leher betinanya terdapat warna kuning, yang lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan untuk cucak ijo jantan trotolan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol berwarna hitam. Dan pada dua bulan berikutnya,
warna hitam tersebut akan terlihat semakin jelas pada bagian leher/bawah paruh.
Semakin usia burung bertambah maka warna hitam tersebut akan semakin menutup leher sampai ke bagian bawah mata.

Semoga tips membedakan cucak ijo jantan dan betina diatas bermanfaat bagi kita semua para kicau mania.

Advertisement