Cara Merawat Kacer Biar Tidak Mbagong

Advertisement
Advertisement
Burung Kacer merupakan jenis burung fighter yang mana kicauannya terdengar nyaring dan akan sangat ngotot apabila melihat musuh disekelilingnya,namun apabila terlalu over birahi kacer itu akan terlihat kembung/mbagong/mbalon, hal itu merupakan karakter burung kacer yang tidak disukai karena otomatis akan berhenti berbunyi.

Mengatasi Kacer Mbagong

Burung Kacer Yang Mbagong/Kembung dalam lomba kicau burung bisa menjadi kelemahan sehingga tidak akan menjadi pemenang,untuk itu bagi yang memiliki kacer mbagong tidak usah khawatir karena ada Cara Untuk Menghilangkan Mbagong Pada Kacer.

Berikut Tips Mengatasi Kacer Mbagong/Kembung yang akan kami berikan untuk anda dan mudah mudahan saja ada manfaatnya dan terbukti kacer yang anda miliki tidak akan mbagomg/kembung.

Tips yang paling ampuh dan banyak dilakukan oleh para kacer mania adalah sebagai berikut:
Masukkan kacer dalam keramba yg diisi air seperti mana biasanya lalu biarkan semalaman dia dalam keramba, masukkan voornya tpi air minum jgn dimasukkan dgn sarat air dalam keramba diisi penuh..

Tempatkan keramba tersebut pada suhu yg dingin seperti didalam kamar mandi..

Siang harinya burung di full kerodong, jemur cukup 30 menit itupun tetap dikerodong..

Lakukan cara ini 2 minggu dan setelah habis masa 2 minggu coba ditrek, sebelum ditrek berikan kacer tsb 1 ekor jangkrik saja..

Cara ini biasanya ampuh. Jangan pernah mempertemukan kacer anakan baik itu trotolan/piyik dengan kacer betina. Burung kacer adalah burung yg sedikit mengandung mineral dalam tubuhnya sehingga mineral yg sedikit itu tidak mencukupi.

Itulah makanya karakter dasar burung kacer mbagong karena kekurangan zat mineral. Hanya ada dua spesies burung yg memiliki sedikit kandungan mineral dalam tubuhnya yaitu kacer dgn murai batu, maka hanya ada 2 spesis burung yg mbagong yaitu kacer dan murai batu.

Tidak pernahkan kita dengar atau kita temui CI, KT, CB, CL, LB dan lain sebagainya yg mbagong,,? Itu karena zat mineral yg ada dalam tubuh burung yang non mbgong tercukupi atau lebih.. Maka kita sebagai pemilik kacer atau murai batu berikan sesuatu pakan yg memiliki kandungan mineralnya untuk kacer..

Ada suatu cara yg gampang  yaitu cobalah anda mencampurkan pasir laut kedalam minuman burung, caranya:

Datangi pantai lalu ambil pasir laut dan air laut tsb lalu masukkan ke dalam botol, pasir yg akan diambil ialah pasir yg selalu kena genangan air laut, jangan pasir yg tidak kena air laut atau pasir yg jauh dari pantai.. Masukkan pasir satu sendok makan kedalam air minumnya dan masukkn juga air laut 1 atau 2 sendok teh..Mudah2an bisa membantu.

Advertisement